Pernyataan Sikap BMKG atas Pencegahan Penyalahgunaan Kratom (Mitragyna Speciosa)

Menindaklanjuti surat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Nomor : B/3985/IX/KA/PL.02/2019/BNN tanggal 31 Oktober 2019 Perihal Sikap Badan Narkotika Nasional Terkait Peredaran dan Penyalahgunaan Kratom (Mitragyna Speciosa) di Indonesia, bersama ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mendukung pernyataan sikap Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait dengan pencegahan penyalahgunaan kratom dan mendukung keputusan keputusan Komite Nasional Perubahan Penggolongan Narkotika dan Psikotropika yang mengklasifikasikan tanaman Kratom (Mitragyna Speciosa) sebagai narkotika golongan I yang tidak diperbolehkan dipergunakan dalam medis (kesehatan).
  2. Mengingat konsumsi kratom/ketum yang bedebihan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti withdrawal symptoms (adiksi/kecanduan), depresi dan kematian, dihimbau kepada seluruh ASN BMKG untuk memberikan dukungan pencegahan penyalahgunaan kratom dengan tidak mengkonsumsi krotum baik dalam bentuk suplemen kesehatan, minuman maupun bentuk lainnya serta tidak terlibat dalam produksi/penanannan tanaman kratom.
  3. Dihimbau kepada ASN BMKG untuk turut serta menyukseskan sosialisasi dan kampanye pencegahan bahaya pemakaian kratom di Indonesia dengan melakukan himbauan dan pencegahan konsumsi kratom dalam bentuk apapun sebagaimana kebiasaan masyarakat di beberapa wilayah Indonesia yang mengkonsumsi kratom sebagai minuman kesehatan.

Demikian kami sampaikan untuk segera ditindaklanjuti. Atas perhatian dan – kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Mahisa Ajy Kusuma

Web Developer, Bookworm, Blogger http://mahisaajy.web.id/blog/ The Wannabe Data Scientist. Bekerja di Pusat Database BMKG, Sub Bidang Manajemen Database MKG

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu